Merpati Balap Leonard Legendaris


Merpati Balap Leonard adalah merpati balap paling legendaris di Indonesia. Dialah merpati balap pertama yang menjuarai lomba merpati balap tingkat nasional untuk sprint. Sprint maksudnya kelas 1 kilometer. Kalau anda mencari pigeon racing di google, yang anda temukan biasanya perlombaan merpati balap jarak jauh, bisa mencapai 1000 kilo meter. Tentu hal tersebut membutuhkan biaya karena memakan transportasi yang besar. Orang Indonesia tidak banyak yang minat, walaupun ada: judulnya merpati balap pos. Coba googling aja ya. 

Kembali bicara merpati balap leonard, ya. Merpati balap leonard adalah legenda merpati balap sprint. Merpati balap ini berturut-turut menjuarai merpati balap tingkat nasional antara 2002 sampai 2005. Pemiliknya Ching Seng V&R Bandung. Kemudian kepemilikan beralih ke Koh Tekun Medan. 


Ini dia foto merpati balap leonard bersama koh tekun. Tahu nggak harga transfernya: kabarnya 1 milyar rupiah. Wow mahal banget ya. Begitulah manusia kalau sedang hobi dengan sesuatu. 

Dalam perlombaan, tahun 2002, leonard mencapai 114 poin. Kemudian setahun kemudian, dia mencapai 312 poin. Pada waktu itu dia juara nasional merpati balap. 

Silsilah Merpati Balap Leonard

Biasanya kalau ada merpati yang jagoan orang akan bertanya tentang silsilahnya. Maklumlah, silsilah sangat berpengaruh pada kemampuan terbang merpati balap. Silsilah menurunkan genetika tentang katuranggan atau ciri-ciri fisik dari merpati. Terbang menuntut spesifikasi fisik tertentu, sehingga mampu meminimalisir tekanan udara dan mampu terbang dengan cepat. 

Orang ingin tahu silsilahnya agar bisa mendeteksi, siapakah keluarga dan anak cucunya. Siapa tahu bisa menemukan kemudian dilatih menjadi merpati balap yang jagoan terbang. 

Oke, merpati balap leonard adalah anak dari pasangan adik Beatle dan Cho Kakak Putaw. Adik beatle ini tidak punya nama, lalu namanya menggunakan nama kakanya yaitu Beatle. Beatle sendiri pernah memenangi lomba merpati balap. Ibunya adalah kakak Putaw. Ibunya juga tidak punya nama, sehingga namanya dikaitkan dengan nama adiknya Putaw. Putaw ini bukan sejenis narkoba ya, tetapi nama burung.

Leonard tutup usia

Setelah berusia 10-11 tahun, merpati balap leonard tutup usia. Saya bingung juga bagaimana istilah untuk kematian leonard. Mau ditulis meninggal dunia, kok kayak manusia saja, kalau ditulis mati, kok tidak ada penghargaan atas burung juara ini. 

Kalau dipikir-pikir, atas dasar apa kita menghargai burung ini? Karena harga transfernya yang mahal mungkin, yaitu satu milyar. Lebih mahal dari harga seorang manusia Indonesia yang diperjualbelikan di luar negeri. Duh sedihnya. Bentar, bicara leonard dulu. 

Leonard meninggal (ah kayak manusia aja) pada tanggal 5 April 2010 di kandang Koh Tekun Medan. Ada yang bilang Leonard mati karena usia tua. Rata-rata, burung merpati itu berusia antara 8 - 15 tahun. Rekor burung tertua dipegang oleh Kaizer. Kaizer adalah merpati milik Jerman pada perang dunia 1, lalu ditangkap oleh pasukan Amerika dan dipelihara di Amerika. Katanya umurnya sampai 35 tahun. Berarti umur leonard adalah termasuk umur rata-rata merpati ya. 

Anak-anak Leonard

Kalau anda mencari bibit unggul, anda tentu bertanya siapa anak-anak dari Leonard, dengan berharap menemukan anak cucunya yang mewarisi kemampuan Leonard. Leonard punya anak Leonard Junior, Singalaga dan Junior L. Dua nama anaknya masih menggunakan nama bapaknya yaitu leonard. Agar ketiban rejeki kayak leonard kali ya. 

Teh Kun bersama Merpati Balap Leonard
Tentang daftar tulisan merpati balap legendaris kami, berikut linknya:
1. Khayana (belum ditulis)
2. Leonard  klik sini
3. Rencong, klik sini
4. Terminator, klik sini
5. Kelana 2. klik sini
6. Dewi, klik sini
7. Kasmaran, klik sini



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

>