Cara Melatih Merpati Balap dan Jadwal Cabut Telor

Melatih Merpati Balap itu Penting

Ya. Melatih merpati balap itu penting. Tidak cukup mengandalkan trah. Trah bagus kalau tidak latihan, hasilnya tidak akan optimal. Tentu juga ada faktor lain selan latihan dan trah yaitu nutrisi. Tapi masalah nutrisi ini akan dibahas di lain waktu. Di tulisan ini, khusus membahas melatih merpati balap.

Melatih merpati balap itu ada aturannya. Jika merpati balap diperas tenaganya, dia akan kepayahan dan jatuh sakit, bahkan mengalami cacat fisik. Ada jadwal yang harus diikuti untuk melatih merpati balap.

Latihan Merpati Balap


Jadwal Melatih Merpati Balap

 


  1. Senin, bertelor. Mengapa bertelor dijadwalkan senin? Karena menyesuaikan dengan jadwal lomba yang selalu hari antara kamis, jumat, sabtu dan minggu. Antara bertelor dan siap latih /lomba butuh waktu 9 hari.  Bila tidak bertelor, merpati balap itu dikasih telor palsu. Tentu saja ini asumsinya merpati balap itu mencapai proses penjodohan terlebih dahulu. Kalau belum dapat jodoh, merpati balap dicarikan jodoh terlebih dahulu.
  2. Selasa, mengerami. Mengerami ini di dalam pagupon. Paguponnya terbuka, dan pagupon itu dalam box yang tertutup. Nanti yang mengerami itu gantian antara yang jantan dan betina. 
  3. Rabu, Angrem lagi. Box tertutup, pagupon terbuka. beri kacang tanah.
  4. Kamis, Angrem lagi. Beri minyak ikan dan kalsium.
  5. Jumat, , Angrem lagi. Box tertutup, pagupon terbuka. beri kacang tanah.
  6. Sabtu, cabut telor. Cabut telor ini adalah mengambil telor dari eraman betina merpati. Mengapa dicabut? Tidak dibiarkan dierami sampai menetas? Karena merpati ini mau diandok, bukan diperanakkan. Kalau dibiarkan dierami, betina itu akan sibuk mengerami dan merawat anaknya nanti. Saat merpati balap bertelor, jangan dipindah kandangnya. Karena itu akan membuat merpati tertekan.
  7.  Minggu, , merpati dibiarkan berada dikandang, karena dia sedang kaget karena telornya diambil, dia kita biarkan menyendiri terlebih dahulu di kandang. Merpati juga punya naluri keibuan, yang sedih juga jika anaknya hilang.
  8.  Senin. Pada  pagi hari, burung dimandikan dengan air dingin tapi bukan air es ya. Kemudian dijemur di terik matahari pagi. Setelah kering dan terasa cukup, merpati itu dikandangkan dan diberi makan. Makanan bisa jagung, beras merah, atau kacang hijau yang mengandung kalsium, baik bagi pertumbuhan tulang. Kemudian pada  sore atau  malam harinya, pasangan merpati balap itu diberi jamu.
  9.  Selasa, merpati balap dikurung dalam kandang. Mengapa? Karena dia butuh istirahat setelah hari sebelumnya diberi jamu. Jamu punya efek hangat pada merpati, mungkin kekebalan tubuh meningkat. Merpati jangan dijemur.
    Malamnya, burung tersebut dimasukkan dalam pagupon dan juga dikasih obat livron B-plek 1 butir. Livron B plex adalah obat vitamin B. Obat ini bisa didapatkan di apotik-apotik. 
  10.  Rabu, Pada hari kelima ini, merpati balap baru bisa dimandikan kemudian dijemur. Tujuannya biar bersih. Setelah itu diberi makan dengan jagung, beras merah atau kacang hijau. Jangan lupa diberi air minum juga. Beri kesempatan untuk kawin juga, sebentar. Kenapa sebentar, karena tujuannya kan untuk balapan, maka pasangan merpati itu dimasukkan pagupon lagi lagi agar rindu, atau ngeketnya menyala-nyala.   Pada sore harinya, merpati balap itu sebaiknya dikeluarkan sekitar 1 jam untuk makan, minum, dan kawin setelah itu dimasukkan lagi ke dalam pagupon.Malamnya kasih jamu racikan. Komposisi jamu racikan bisa dilihat di catatan. 
  11.  Kamis, Hari Latihan/ lomba. Pada pagi hari, merpati balap bisa dimandikan dan dijemur. Lalu dimasukkan kandang lagi. Merpati jantan dan betina  di dalam pagupon dan tutup, agar tidak kawin. Sorenya, merpati itu bisa dilatih atau diandok. Jadi saat latihan, merpati balap itu dalam keadaan ngeket, rindu, giring.
    Siang/ sorenya, merpati balap siap dimainkan andokannya. Setelah latihan beri makan minum dan biarkan kawin terus dimasukkan kandang. 
  12.  Jumat,  delapan-sembilan, sama seperti hari kamis. Latihan dan lomba bisa dilakukan dan tiap 3 hari sekali dikasih jamu. 
  13. Sabtu, latihan dan lomba. Sama seperti hari kamis
  14. Minggu, latihan dan lomba, perlakuan sama seperti hari kamis.
  15. Senin, Bertelor.
  16. Selasa, kembali ke siklus selasa semula....

Apa jamunya Melatih Merpati Balap?

1) Yosem : 1/2 ons (atau cari yg bubuk).
2) Kolesom : 1 gram.
3) Sarang burung walet: 3 mangkok.
4) kunyit bubuk : 1 ons.
5) Temu lawak : 1/2 ons (bubuk).
6) Temu ireng : 1/2 ons (bubuk).
7) Kuda laut : 3 biji (ditumbuk halus).
8) Temu kunci : 1/2 ons (bubuk).
9) Telor bebek : 9 biji (putih jgn dibuang utk meleketkan).
10) Tienjik powder : 1 botol.
11) ginseng Royal jelly: 3 btl
12) Madu : 3 sendok Semua dihaluskan dan dicampur jadi satu...
buat plentiran kecil2 sebesar jagung utk jamu terbang,
berikan selesai dilatih + livron B-plek.



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

>