Istilah Istilah Lucu Penggemar Merpati Balap

Jika anda bergaul dengan komunitas penggemar merpati balap di Indonesia, mungkin anda mendengar pembicaraan seperti ini" wah, yang ini anak dari terminator dan adik monster. Kalau terbang ngejos, apalagi kalau sedang giring atau ngeket. Tembakannya bagus. Ringnya pake ring ilsogno"

Kalau anda baru masuk ke komunitas penggemar merpati balap, mungkin heran. Ngomongnya kayak bercerita tentang film terminator. Kapan Terminator yang dibintangi arnold schwarzenegger kawin dengan adik monster. Wah ini kombinasi robot cyborg dan monster ya. Jagoan nembak lagi. Kalau sedang nggiring, siapa yang digiring? apakah musuh terminator itu robot t1000 sebagaimana di cerita filem Terminator?

Bukan, itu bukan pembicaraan tentang filem, tetapi pembicaraan tentang burung merpati balap.

 Di dunia kaum andhokan merpati balap, istilah monster, terminator itu bukan tokoh di filem melainkan nama burung. Nama-nama burung merpati balap lainnya adalah: mama chelsie, singalaga, leonard, olympus, batavia, dinasti, codet, khayana, putra tasik, rencong, predator, sang-sang, dan masih banyak lagi yang lain yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Namanya aneh-aneh.

Ngejos dalam dunia merpati balap artinya terbang cepat. Dalam bahasa pergaulan di luar jos itu artinya jempol atau enak. Jos Gandos, artinya bagus sekali. Itu di dunia luar. Tapi di dunia merpati balap, jos artinya terbang sprint atau terbang cepat.

Istilah lain adalah Giring, keket, ngeket dalam dunia andhokan artinya  proses dimana “merpati jantan mengejar-ngejar betina ketika akan bertelur”. Jadi giring ini bukan seperti menggiring bola, melainkan nafsu merpati balap jantan dalam mengejar merpati betina. Giring ini ada siklusnya. Giring terjadi setelah pasangan merpati melewati masa perjodohan dan perkawinan, baru giring. Setelah giring dia bertelor.  Giring berlangsung sekitar 2-3 hari.

Tembakan juga sering kita dengar di komunitas merpati balap. Tentu ini bukan tembakan pakai pistol atau bayonet. Tembakan dalam istilah merpati balap adalah fase akhir terbang merpati balap dalam mencari pasangan betinanya. Merpati jantan itu setelah ngejos atau terbang cepat, dia mengenali pasangan betinanya, lalu dia terbang menuju sasaran. Nah terbang menuju sasaran ini bernama tembakan. Entah kenapa diberi istilah tembakan, mungkin sama-sama ada unsur membidik sasaran. Watak tembakan merpati jantan ini beda-beda, ada yang cepat ada yang lambat. Itu antara lain tergantung dari kekuatan supit urang, yaitu tulang antara kaki dan dubur. Kalau supit urang kuat, dia berani melakukan tembakan keras, karena tidak takut kesakitan jika supit urangnya berbenturan dengan tubuh betinanya.

Istilah lain dalam dunia andhokan adalah ring. Ring ini bukan ring dalam filem lord of ring, melainkan cincin yang dipasang di kaki merpati balap. Ring ini ada tulisannya yang menjadi identitas merpati balap itu. Ring ini ada yang berasal dari ring nasional PPBSI  atau bisa juga berasal dari ring peternak. Ring Ilsogno adalah nama ring peternak. Ilsogno adalah peternakan yang cukup besar dan terkenal milik Pak Koneng, pengurus PPBSI.

Itulah istilah-istilah di dunia andhokan merpati balap. Kalau tidak terasa lucu, berarti anda sudah terbiasa dengan istilah tersebut.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

>