Merpati Balap Legendaris 1999 -- Dewi



Dewi bukan trah khayana, tapi juara. Merpati balap Dewi meraih juara nasional pada Mataram Cup 99 di Bantul pada bulan Juni 1999. Dia mengalahkan Predator (Ring Dr-8) milik Kiking Bandung. Dia juga mengalahkan ring CHO, sperti road king dan Galand. Nigeria dan Binal juga tertinggal. Kemenenagan Dewi di luar perkiraan. Diperkirakan, pemenangnya adalah predator, Talenta, Nigeria dan Binal. Tapi nyatanya Dewi Pemenangnya.

Dewi adalah merpati balap milik Li An Jogjakarta. Ini sepertinya unik, karena biasanya, pemenang merpati balap itu berasal dari Bandung. Berarti merpati dari jogja juga mersti diperhitungkan.

Asal muasalnya merpati balap dewi dari Desa Sepuluh Bangkalan Madura. Li an membeli Dewi dari Jaji, peternak dari daerah tersebut. Ini sungguh unik, biasanya pemenang merpati balap itu berdarah khayana. Tapi ini tidak. Wah ini peluang bagi penggemar merpati balap. Siapa tahu harganya darah trah dewi beserta saudaranya harganya murah tetapi kualitas oke.

Khayana sendiri itu anak dari Jantan Pelor, dari pak bandik madura. Sama-sama dari madura. Tapi Khayana sudah terkenal, sehingga anak keturunannya mahal.



Arya Bintang surya  pernah  menjadi juara tingkat nasional putaran ke V tahun 2015 PPMBSI, dan belum diketahui juga trahnya. Kemungkinan bukan khayana, karena kalau trah khayana, cenderung ngaku.

Nampaknya burung merpati balap yang top itu banyak berasal dari madura. Burung-burung merpati balap punya fenotip khusus, punya watak bawaan genetik dan watak karena pengaruh lingkungan. Wataknya yaitu tega meninggalkan lawan.

Dewi punya watak tidak mau kalah dibanding merpati balap lain. Tapi dia tidak mau meninggalkan terlalu jauh. Saat bertemu dengan lawannya, lawannya dihalang-halangi untuk terbang lebih jauh. Begitu mendekat ke garis finish, dewi melakukan tembakan ke tangan joki.

Waktu menghadapi predator, Dewi juga gitu. Predator adalah juara nasional pada beberapa bulan sebelumnya, Dia mampu terbang cepat dan tembak keras. Predator berada di depan pada awalnya. Namun di pertengahan jarak, Dewi menyusul dan lawan dihalang-halangi. Predator ingin melewati, tapi tidak bisa. Ini terjadi sampai akhirnya Dewi melakukan tembakan ke tangan joki, Predator melakukan tembakan keras, tetapi kalah seper detik. Predator akhirnya takluk.

Tentang daftar tulisan merpati balap legendaris kami, berikut linknya:
1. Khayana (belum ditulis)
2. Leonard  klik sini
3. Rencong, klik sini
4. Terminator, klik sini
5. Kelana 2. klik sini
6. Dewi, klik sini
7. Kasmaran, klik sini

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

>