Merpati Balap Kelana 2 Legendaris



Kelana 2 adalah salah satu legenda merpati balap tingkat nasional pada jamannya. Dia adalah juara merpati balap di tahun 1997. Kelana 2 milik Bapak SUyitno Bandung. Kelana 2 merupakan hasil ternakan Chong Ho Cirebon.

Chong Ho adalah peternak yang cukup dikenal di gelanggang merpati balap nasional.

Kelana 2 ini adalah anak dari legenda terbesar merpati balap, yaitu Khayana. Kelana 2 punya keistimewaan berupa gaya terbang nge-L seperti halnya induknya. Selain itu Kelana 2 sulit ditempel ketat oleh merpati balap lain. Hanya merpati balap yang kuat saja yang bisa tempel ketat.




Induk betina dari Kelana 2 ini adalah anak Careca. Careca adalah saudara dari Mama Chelsie. Mama Chelsie itu juga kawin sama Khayana, sama seperti anak Careca. Khayana poligami rupanya. Careca ini anak dari Warna Gambir, dengan induk betina  anak betina dari rekong dan anak manja.

  Prestasi Kelana 2 di tahun 1997, dia menjuarai lomba nasional 1-2 Maret 1997 (juara bersama), Juara Pertama Galatama A dan sprint 500 meter nasional Solo 1-2 Maret 1997. Dengan kemenangan berturut-turut, pembalap dari peternak lain sering merasa kalah sebelum bertempur jika bertemu Kelana 2.

Pada tanggal 29-30 Maret 1997, dia menjadi juara bersama dengan Senopati di Lomba Nasional Solo. Lalu pada 5-7 Desember 1997, dia menjadi juara pertama Walikota Cup II'97 Surabaya.

Kelana 2 nyaris tidak pernah beristirahat di tahun 1997. Dia selalu mengikuti kejuaraan tingkat nasional di tahun itu.  Kelana 2 di awal tahun 1998 juga tak diistirahatkan.  Menurut Suyitno, saat itu hanay ada Kelana 2 yang tampil lebih prima. Padahal kondisinya membutuhkan istirahat.  Lantaran tidak pernah istirahat, pada pertengahan 1998, kondisi Kelana 2 drop dan tak sanggup untuk memasuki arena balapan nasional," kata Bapak Suyitno.

Sebenarnya Kelana 2 ada lagunya, dinyanyikan Rhoma Irama. Tapi yang dimaksud bukan burung merpati. hehehehe.


Tentang daftar tulisan merpati balap legendaris kami, berikut linknya:
1. Khayana (belum ditulis)
2. Leonard  klik sini
3. Rencong, klik sini
4. Terminator, klik sini
5. Kelana 2. klik sini
6. Dewi, klik sini
7. Kasmaran, klik sini



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

>