Kapan PPMBSI lahir dan diakui Depdagri?


7 Pebruari 2001, organisasi  Persatuan Penggemar Merpati Balap Indonesia (PPMBSI) telah terdaftar pada Departemen Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Republik Indonesia. Organisasi ini disahkan oleh Depdagri dengan nomor inventarisasi 09/D.I/II/2001 tertanggal 7 Pebruari 2001 yang ditandatangani Drs. Amir Hamzah Lubis, An. Direktur Hubungan Antar Lembaga Hubungan Orkesmas Profesi dan LSM. Pada saat itu, PPMBSI adalah organisasi penggemar burung pertama yang terdaftar dalam depdagri.

Organisasi ini hendak memayungi penggemar merpati balap dalam menghadapi berbagai permasalahan. Antara lain dikejar-kejar aparat saat latihan ataupun lomba, dituduh melakukan praktik perjudian, perbaikan  praktik lomba, perbaikan kualitas merpati balap dan lain-lain.  Kalau nggak ada organisasi induk repot juga. Siapa saja bisa menjadi panitia lomba, dengan aturan sendiri-sendiri. Pernah terjadi 12 merpati menjadi juara bersama. Sekarang kan nggak ada lagi kejadian semacam itu.

Terbentuknya PPMBSI ini sekaligus terbentuk pula kepengurusan tingkat pusat dan daerah, serta pengurus lokal.

Pengurus daerah dan pengurus lokal disarankan untuk mendaftarkan kepengurusannya ke Pemerintahan setempat, terutama Direktorat Sosial Politik (Diksospol) dengan membawa AD/ART serta kepengurusan di Pengda setempat.

Sebelum tanggal 7 Februari 2001 tersebut, PPMBSI sudah ada, tetapi belum terdaftar di Depdagri. Ini bisa dibaca dari artikel bertahun 2009 yang menceritakan keberadaan PPMBSI. Berarti pada tahun 2009, PPMBSI sudah ada.

Sumber : Agrobis no 55 Minggu IV Februari 2001











Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

>