istana merpati

Merawat merpati antara lain juga harus menyediakan rumah merpati. Rumah merpati akan melindungi merpati dari hawa dingin, hujan, tangan-tangan jahil.

Biasanya di Indonesia, penggemar burung merpati itu punya susunan sebagai berikut:
  1. Pagupon. Pagupon ini adalah box kecil yang hanya cukup untuk sepasang merpati bersama telornya. Sempit memang. Tetapi memang sengaja begitu. Agar pasangan merpati itu berdekatan tapi tidak kawin. Begitu keluar nafsu atas pasangannya besar, atau istilahnya giring.
  2. Kandang. Pagupon itu dimasukkan dalam kandang. Kandang ini  berukuran sekitar 1 m3, atau boleh kurang, sesuai selera, asal tidak mengganggu fungsi kandang yaitu ruang untuk kawin, memberi makan, dan menjaga agar merpati tidak kabur.
  3. Setelah kandang adalah ruang terbuka. Merpati juga butuh kebebasan. Untungnya merpati adalah hewan yang bisa dilepas, dan dia bisa pulang sendiri. Sama seperti kucing. Kita nggak perlu selalu mengerangkeng kucing, kan. Merpati juga begitu.
Nah itulah susunan ruang merpati di Indonesia, utamanya merpati balap atau merpati andhokan.  Ngomong-ngomong saya menemukan rumah merpati yang indah dari segi bentuk. Dan kadang susuanan ruangannya menyerupai rumah manusia. Berikut ini saya perlihatkan gambarnya.



































Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

>