Trah Merpati Balap Bukan Segala-galanya

Komunitas merpati balap seringkali bertanya tentang trah atau keturunan dari suatu merpati. Keturunan dari merpati balap juara akan cenderung diburu oleh para penggemar merpati balap. Jika mereka menemukan anak merpati atau telor dari merpati juara, mereka berani beli dengan harga mahal. Ini sesuai dengan hukum ekonomi, semakin banyak permintaan sedangkan persediaan terbatas, maka harga akan semakin mahal. Harga merpati balap bisa mencapai jutaan, puluhan dan ratusan juta sepasang.

Perbincangan tentang trah sering mendominasi pembicaraan penggemar merpati balap, seolah-olah trah merpati balap adalah segala-galanya, padahal trah saja tidak cukup untuk memenangkan lomba merpati balap. Ada beberapa faktor  yang menentukan kemenangan merpati balap. Bukan trah saja. Pertama pemilihan merpati balap yang bagus. Kedua , perawatan kesehatan dan stamina. Ketiga, pelatihan rutin.  Keempat, keikutsertaan dalam lomba dan kelima, faktor kemujuran. Berikut ini penjelasannya.

1. Pemilihan Merpati balap yang bagus

Merpati balap yang bagus memiliki katuranggan, atau karakteristik fisik tertentu mulai dari paru, leher, supit urang, sayap dan seterusnya. Untuk lebih lengkapnya baca artikel tentang ciri-ciri merpati balap yang bagus. Klik sini. Ciri-ciri fisik itu kemudian menurun ke anak turunnya. 

Memang belum tentu kehebatan induk menurun ke anak turunnya. Bisa saja terjadi kadar keistimewaan si induk pudar pada anak turunnya. Mungkin karena anak turun itu kombinasi dari pasangan induk, sehingga dia tidak saja mewarisi sifat sang bapak tetapi juga mewarisi sifat si Ibu. Bapak merpati boleh jagoan, tapi kalau karakteristik ibunya tidak memiliki katuranggan yang bagus maka anaknya kemungkinan juga tidak sebagus bapaknya.

Merpati dari pasangan yang sama-sama bagus juga belum tentu menghasilkan anakan merpati yang bagus. Mengapa begitu? Karena merpati balap yang jagoan itu punya keistimewaan yang beraneka ragam. Ada yang istimewa di tembakan, ada yang di start awal, ada yang istimewa di start tengah, ada yang istimewa pada mentalnya. Ada yang berpendapat perkawinan merpati balap jagoan yang setipe akan menghasilkan turunan yang bagus.

2. Perawatan Rutin Merpati Balap

Perawatan ini meliputi pemberian nutrisi atau gizi yang baik dan pengobatan bila sakit. Hal-hal yang menyebabkan burung menjadi sakit juga sebaiknya dihindari. Hal-hal tersebut antara lain: capek yang berlebihan, luka, terkena wabah penyakit. Nutrisi yang diperlukan antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Karbohidrat terdapat dalam beras, beras merah, ketan, jagung. Protein bisa ditemukan pada kacang ijo, kacang tanah, kedelai, buncis, kapri. Lemak bisa didapatkan pada jagung juga. Jagung itu selain mengandung karbohidrat juga mengandung lemak.

Selain nutrisi, merpati balap juga memerlukan pengobatan jika sakit. Jamu merpati balap juga perlu. 

3. Pelatihan Rutin Merpati Balap

Merpati balap dengan trah bagus tapi jarang latihan tidak akan mencapai prestasi yang optimal. Pelatihan akan memperbesar otot dan menambah kemahiran merpati balap dalam andhokan merpati balap. Seperti halnya olahragawan yang juga memerlukan pelatihan untuk menjadi pemenang, tidak cukup bakat saja.

Pelatihan ini ada jadwalnya. klik sini jadwalnya.  Penjadwalan itu memperhitungkan masa istirahat yang diperlukan, masa pemberian jamu, masa bangkitnya birahi merpati dan jadwal perlombaan.

Adapun rincian cara melatih balap bisa anda lihat pada artikel saya: klik sini ==> cara melatih merpati balap.

4. Ikut Serta Dalam Lomba

Selain trah, latihan dan perawatan, keikutsertaan dalam lomba akan menambah pengalaman merpati balap dalam lingkungan lomba. Selain itu pemilik merpati balap juga akan bisa menilai seberapa jauh kemampuan merpati balap yang dimilikinya dibandingkan dengan merpati balap lain? Kalau tidak pernah diikutsertakan dalam lomba, orang bisa menganggap merpati balapnya bagus tanpa pembanding dengan merpati balap lain.

Oh iya, kalau merpati balap anda memang anda jadikan sebagai player lomba atau mau diikutsertakan dalam lomba, bukan indukan, ada baiknya anda membeli ring nasional saat mereka masih kecil. Manfaatnya, bisa mengikuti lomba merpati balap yunior tingkat nasional dan bisa mendapatkan diskon untuk mengikuti lomba merpati balap tingkat nasional. klik sini  ===> ring nasional merpati balap

5.Kemujuran dan Nasib baik

Adakalanya burung merpati balap sudah punya trah bagus, dilatih dengan baik, dirawat dengan baik dan ikut serta dalam lomba, namun dalam perlombaan belum juga mujur. Mungkin karena faktor-faktor lain yang diluar kendali kita, misalnya lingkungan lomba yang baru tidak cocok untuk merpati yang kita punyai, arah angin yang kurang mendukung, burung lagi kurang sehat, atau burung sedang tidak dalam masa terbaiknya saat lomba dan faktor lain yang kita tidak tahu.

Untuk mendapatkan kemujuran, yang bisa kita lakukan adalah berdoa.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

>